Yang di sayang tapi tidak tersayang

Sesuai dengan judul dari postingan gue kali ini yaitu "Yang di sayang tapi tidak tersayang" kali ini gue mw mencoba menjelaskan fenomena yang sangat rancu ini karena jika seseorang di sayang pasti di sayangi namun tidak setiap orang yang di sayang itu pasti di sayangi.Kali ini gue mau memulai dengan menjelaskan arti kata sayang itu sendiri karena banyak sekali orang yang sering kali salah mengartikan kata ini.

Sayang merupakan kata yang terdiri dari S-A-Y-A-N-G seperti yang orang tw dan kata sayang ini dapat di definisikan menjadi banyak katagori berdasarkan penyebabnya dan dapat di buktikan seperti kejadian berikut :
Pak Suryo merupakan seorang petani yang sangat menyayangi kerbaunya karena kerbau tersebut telah menemani perjalanan hidupnya selama 10 tahun terakhir dan pada suatu saat Pak Suryo sangat kelaparan sehingga ia tidak memiliki pilihan lain untuk menjual kerbau miliknya kepada seseorang yang ada di pasar untuk membeli sembako yang dapat di gunakan untuk keperluan sehari-hari.
Keesokan harinya Pak Suryo akhirnya pergi ke pasar untuk membawa kerbaunya kesayangannya itu dan akhirnya kerbau tersebut di tinggalnya dengan wajah yang tampak sedih namun berkat itu Pak Suryo akhirnya dapat membeli keperluan untuk kehidupan sehari-hari.
Di hari berikutnya ia melihat kerbau kesayangan berada di tempat pemotongan hewan yang rencananya akan di potong keesokan harinya sehingga Pak Suryo akhirnya berangkat pagi-pagi untuk membawa kabur kerbau kesayangan dan akhirnya Pak Suryo berhasil membawa kabur sang kerbau yang kemudian kembali di rawat di gubuk kecil yang di miliki Pak Suryo yang jauh dari pinggiran kota dan akhirnya mereka hidup bahagia sampai akhir hayat.
-TAMAT-

Nah itu salah satu contoh yang baiknya dan kini saatnya contoh yang buruknya dan kali ini gue bakal menggunakan Budi yang selalu menjadi korban dalam hampir setiap contoh yang di berikan guru.

Budi merupakan seorang anak yang berasal dari keluarga yang sangat kaya raya namun meskipun Budi anak yang sangat kaya raya ia sama sekali tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya sehingga ia pun akhirnya menjadi anak yang bandel. Sudah dua tahun ia berada i bangku SMA dan selama 2 tahun itu pula ia mencari arti hidupnya sampai akhirnya ia menemukan seorang wanita yang pada dasarnya memang wanita nakal. sehingga ia pun tersesat pada pergaulan bebas.
Tidak lama kemudian akhirnya Budi pun merasa bahwa wanita tersebut cocok dengan dirinya yang akhirnya Budi pun terjerumus ke dalam pergaulan bebas.
Budi yang merupakan anak tunggal dari kedua orang tua mereka dan merupakan yang anak paling di sayang itu akhirnya mendapatkan rasa kasih sayang di idamkannya selama ini.
-TAMAT-

Mungkin kedua cerita singkat di atas dapat menjelaskan tentang perbedaan dari penyebab rasa kasih sayang muncul so kembali ke main topic yaitu kalimat apa yang cocok untuk mendefinisikan kata "Sayang" itu sendiri. Rasa sayang merupakan perasaan peduli yang muncul akibat dari kedekatan terhadap seseorang, lingkungan sekitar, kebersamaan maupun yang di sebabkan oleh rasa benci terhadap sesuatu sehingga kita lebih peduli terhadap orang lain.

Namun apa yang di maksud dengan "Yang di sayang tapi tidak tersayang" sesuai dengan judul di atas ?
Yang di sayang tapi tidak tersayang itu maksudnya adalah orang yang di sayangi oleh kita merasa tidak mendapatkan perhatian atas kasih sayang yang kita berikan ataupun perhatian yang selama ini kita berikan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk dirinya a.k.a. orang yang kita sayangi.

Hal ini sudah sering kali di temukan di kalangan muda khususnya di saat mereka memiliki seorang pacar sehingga hal ini sering kali menyebabkan apa yang namanya perselingkuhan yang lagi-lagi menyebabkan konflik di dalam hubungan mereka namun hal tersebut masih dapat di tanggulangi dengan resiko yang sedikit karena hal ini akan sangat berbahaya bagi mereka yang tengah menjalani status sebagai suami istri yang bagaimana hal ini akan menyebabkan hubungan rumah tangga mereka collapse sehingga dapat menyebabkan cerai.

Namun fenomena "Yang di sayang tapi tidak tersayang" ini juga memiliki cara agar hal ini tidak berkelanjutan lebih jauh atau menyebabkan terjatuh ke dalam jurang yang sangat dalam yang di penuhi oleh berbagai rasa yang di awali dengan sangat seperti rasa kecewa, marah, sedih, sesal, dll. Maka untuk menanggulangi hal tersebut gue menghadirkan 2 tips penting yang akan mungkin membantu :

Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah faktor yang sangat menentukan dalam menjalin sebuah hubungan karena melalui komunikasilah kita dapat mengerti pasangan kita namun komunikasi yang gue maksud di sini adalah komunikasi yang harus di jalin ketika ada sesuatu yang di sembunyikan oleh pasangan kita.
Komunikasi yang di lakukan pun tidak boleh di lakukan dengan marah-marah melainkan di lakukan dengan nada bicara yang enak dan mulai menanyakan apa yang terjadi dengannya akhir-akhir ini yang dapat di mulai dengan menanyakan aktivitasnya hari ini dan berlanjut secara perlahan mengarah ke arah main topic dan masih menggunakan bahasa yang halus.
Setelah itu semua berjalan dengan baik barulah kita menanyakan apa yang sebenarnya yang dia mau dengan mamberi sedikit bumbu canda sehingga pembicaraan tidak berbau konflik sehingga pembicaraan pun akan berjalan dengan harapan yang kita penuhi dan setelah pembicaraan ini berakhir tidak lupa mencoba menjadi apa yang dia mau selama tidak melewati dari batas wajar sehingga akan terjalin pengertian di antara kalian.

Rasa Percaya
Rasa percaya atau trust yang juga merupakan hal vital dalam menjalin hubungan dengan sang kekasih. Memang terkadang sangat sulit untuk mempercayai dia di saat ia mengalami perubahan yang signifikan sehingga menyebabkan rasa curiga kepada dia namun hal itu memang di perbolehkan karena apabila semua yang dia lakukan kita percayai 100% terkadang dia akan mencoba sesuatu yang baru sehingga secara perlahan kemungkinan untuk mampir di hati tetangga yang akan membuat hati terluka.dan akan membekas untuk watu yang lama namun ini bukan berarti kita harus mengawasi setiap gerak-gerik yang dilakukan dia namun berikanlah kebebasan tapi juga jaga selalu dia agar tidak lepas dari hati anda.


" Cintailah orang yang anda kasihi ibarat kuku jari karena meskipun sedikit dan kecil namun secara perlahan ia akan tumbuh sedikit demi sedikit dan jika cinta itu dilukai ibarat kuku yang terpotong, terluka namun tumbuh kembali bahkan jika lukanya begitu besar yang mengakibatkan kuku itu terlepas maka seiring perjalanan waktu kuku itu akan tumbuh kembali. "

No comments:

Post a Comment

Copyright © Sebuah Perjalanan