Pentingnya inovasi dalam kemandirian nasional

Inovasi membutuhkan kreativitas. 

Kreativitas adalah kemampuan untuk melahirkan suatu ide, sedangkan perwujudan ide baru tersebut disebut dengan invensi atau kreasi.
Ide baru yang diwujudkan mungkin baru berupa konsep atau mungkin sudah berupa produk yang berfungsi akan tetapi semuanya masih berdasar pada inventor's perspective dan belum mempertimbangkan user atau market's perspectiveagar memberi manfaat atau menciptakan nilai tidak hanya bagi creator/ inventor tapi juga buat user atau market.

Oleh karena itu inovasi diartikan sebagai suatu cara untuk menterjemahkan atau membawa idekepada penerapan yang membawa manfaat atau menciptakan nilai (value creation)baik untuk pengguna maupun creator /inventor.Value creation dapat diciptakan dari produk dan proses yang baru, strategi introduksi yang baru atau penciptaan organisasi yang baru.

Mengapa negara berkembang membutuhkan sebuah inovasi untuk menjadi negara maju ?

Dari pernyataan di atas kita dapat mengimpulkan bahwa sebuah negara dapat di katakan sebagai negara maju apabila masyarakatnya mampu untuk berinovasi dan memiliki kesadaran yang tinggi akan hal tersebut, namun selain hal tersebut bukanlah satu-satunya hal yang di butuhkan suatu negara untuk menjadi negara maju tetapi harus di dukung oleh kemandirian para masyarakatnya agar dapat mengolah berbagai hal yang ada menjadi sesuatu yang berguna.

Mungkin berbagai pertanyaan akan muncul di benak kita seperti " dalam hal apa saja kah kita dapat berinovasi ? " dan seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan penduduk kita menitih jalan kesuksesan mereka di luar negeri akan tetapi beberapa dari mereka kembali ke Indonesia dan muncullah sebuah pertanyaan baru bahwa " Mengapa anda lebih memilih kembali ke Indonesia seharusnya lebih baik tinggal di luar negeri untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. "

namun hal tersebut dapat di jawab pada sebuah acara K!ck Andy dalam kutipan berikut :

Bekerja sebagai  intelektual atau  ilmuwan  di luar negeri  sering  dinilai  sebagai  sebuah  kebanggaan dan  lebih  menjanjikan, ketimbang  berkarir di tanah  air. Tapi kenapa nara  sumber  Kick  Andy  yang  berikut ini lebih memilih  pulang kampung  disaat mereka  berjaya  di   negeri  orang?
“Tantangan  di  sini lebih  nyata bagi saya,”  ujar  Warsito Purwo Taruno, doktor ahli  tomografi  yang sempat  menjadi  peneliti papan atas  di Ohio University, Amerika Serikat.

mungkin jawaban di atas adalah salah satu dari berbagai jawaban yang di miliki oleh mereka yang sudah sukses.

Inovasi tidak selalu membutuhkan biaya yang besar tetapi dapat di lakukan melalui hal yang kecil terlebih dahulu seperti yang di kutipan berikut :

Dua anak muda yang memiliki ide untuk me-multifungsikan sebuah tas. Yang pertama ada Achmad Fadilah asal Bandung, yang mengkreasikan travel bag menjadi sebuah “trafellow”.

Trafellow membantu orang yang memiliki hambatan kenyamanan saat bepergian. Misalnya saat menunggu keberangkatan yang terlambat, atau tidak kebagian duduk di ruan tunggu. Karena tas ini selain berfungsi sebagai pembawa barang, juga punya fasilitas untuk bisa menjadi tempat duduk yang nyaman.

Dan bagi yang tak suka diam saat menunggu, terutama bagi mereka yang tak ingin melewatkan saat berolahraga, Dwi prasetya punya ransel yang mengasyikan.

Dwi telah mengkreasi sebuah ransel sebagai “Body Fit Bag”. Ini adalah tas olah raga yang berfungsi sebagai alat beban untuk melatih pembentukan otot dalam tubuh. Body Fit Bag juga dijadikan alat olahraga disaat tertentu, misalnya saat bepergian, sekaligus sebagai tas barang bawaan. Tas ransel ini bisa digunakan sebagai alat latihan memperkuat otot tangan, dada, bahu, punggung, kaki dan otot lainnya.

 Sebenarnya sudah banyak masyarakat Indonesia yang melakukan berbagai macam inovasi namun sepertinya pemerintah kurang mendukung mereka.

Karya anak bangsa yang patut untuk dibanggalan antara lain adalah “alat pembangkit listrik tenaga gelombang laut” karya mahasiswa Teknik Kelautan Institut Teknologi Bandung dinobatkan sebagai juara pertama kontes inovasi nasional di ITB1. Kategori Indosat WirelessInnovation Contest (IWIC) kategori Fun and Easy: inovasi karya Nur Arifin Akbar, berasal dari kota Semarang dengan judul Mobile Advertising berbasis Open Source. 

Selanjutnya kategori Innovationdan Beyond inovasi karya Oka Mahendra berasal dari Bandung dengan judul Pesawat Mini Tanpa Awak Terkendali GSM/GPRS2. Inovasi untuk menghemat pemakaian energi listrik adalah Polisi Tidur Mahasiswa ITS Hasilkan Energi Listrik3. Alat yang dapat dibongkar pasang ini dapat dimanfaat untuk penerangan jalan. Idealnya, kata mahasiswi berusia 20 tahun itu, alat tersebut ditempatkan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sekitar pintu palang tempat parkir, dan kios drive thru. "Listrik yang dihasilkan bisa dipakai untuk menerangi tempat-tempat seperti itu," tuturnya. 

Selanjutnya adalah Trieffendi bukan seorang profesor maupun seorang jenius,tapi beliu pemuda indonesia yang ingin maju dan menghasilkan karya yang sangat berguna bagi indonesia,hasil karyanya pun bukan merupakan produk yang dapat meghasilkan milyaran rupiah,tapi karya yang dibuatnya hanyalah sebuah alat untuk penguat signal 3G untuk modem,dengan karya inilah maka terciptalah alat yang berbentuk silender dan sangat sederhana,tapi dapat menghasilkan signal 3G yang sangat kuat.

Jika di lakukan pendataan mengenai inovasi-inovasi karya anak bangsa saat ini begitu banyak karya dan hasil kreatifitas anak bangsa Indonesia yang dapat digunakan, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk turut menyelesaikan permasalahan bangsa menuju bang sa yang mandiri nasional dan bangsa yang sejahtera.


Sehingga dalam mendukung berkembangnya inovasi dalam negeri akan lebih baik apabila menggunakan produk dalam negeri. Tetapi dalam mendukung inovasi negeri tidak hanya dilakukan dalam kegiatan ekonomi saja tetapi juga dapat di wujudkan dalam kegiatan blogging dan berikut adalah alasan mengapa blogging menjadi salah satu aksi inovasi anak dalam negeri.

1. Blogging itu Bebas
Karya itu sifatnya bebas, begitu juga dengan blog, semua orang bebas memilih tema blog sesuai kemauan mereka. Dengan blog seseorang juga bisa menjadi menjadi siapapun yang ia inginkan atau dalam bahasa gaulnya bisa membentuk personal branding. Blog juga tak terbatas untuk mereka- mereka yang mengenal dunia IT saja, blog bebas dan baik digunakan serta cocok dikonsumsi untuk siapapun, entah itu guru, murid, pekerja, pengangguran, iburumahtangga, opa-oma, kuliah gak kuliah, semua tak dilarang untuk blogging.

2. Blogging itu Expresif
Karya adalah salah satu bentuk expresi seseorang, Isi Blog itu sendiri merupakan salah satu bentuk expresi dari penuangan ide seseorang tentang apa yang ia pikirkan atau tentang opininya terhadap sesuatu.

3. Blogging itu Positif
Karya yang baik adalah karya yang positif, dan blog pun bisa menjadi aktifitas positif bagi seseorang sehingga mampu menambah pengetahuan, wawasan dan bahkan mampu memperbanyak relasi atau kenalan. Karena blog itu aktifitas positif untuk itu katakan tidak untuk pornografi dan hindari penistaan SARA.

4. Blogging itu berjiwa Sosial
Sebuah karya biasanya bersifat social atau bisa dinikmati khalayak, nah blog pun bisa dinikmati siapapun dan dimanapun, yang mana para blogger tulus saling berbagi informasi ataupun sekedar cerita. Jika ada sebutan “Guru adalah PAHLAWAN TANPA TANDA JASA”, maka blogger adalah “RELAWAN TANPA TANDA TANYA?”, karena dalam berbagi mereka tidak perlu tanya atau minta ijin pak lurah atau RT/RW, selama ada sesuatu yang dipikirkan dan ingin dibagi maka saat itu juga ia dengan senang hati akan mempublikasikan mahakaryanya. Dari keloyalan masing-masing blogger itu juga tak jarang mereka bergabung dalam suatu komunitas dan mengadakan aktifitas-aktifitas social yang bermanfaat bagi sesama.

5. Bloging itu wujud Kemandirian
Sebagian blogger adalah orang-orang yang mengelola blognya sendiri dengan beragam postingan karya mereka sendiri. Banyak sekali blogger Indonesia yang tampil dengan gaya mereka sendiri-sendiri yang sangat bervariasi, itu menunjukan bahwa sebenarnya kebanyakan orang Indonesia adalah sosok yang pintar berkarya, kreatif dan mandiri.


Berikut adalah upaya yang dapat di lakukan untuk meningkatkan inovasi anak bangsa.

1. Memiliki visi untuk berubah
Jangan berharap suatu tim akan menjadi inovatif apabila mereka tidak mengetahui tujuan yang hendak dicapai ke depan. Inovasi harus memiliki tujuan dan seorang pemimpin harus mampu menyatakan dan mendefinisikan tujuan secara jelas sehingga setiap orang dapat memahami dan mengingatnya. Para pemimpin besar banyak meluangkan waktu untuk menggambarkan dan menjelaskan visi, tujuan dan tantangan masa depan kepada setiap orang . Mereka berusaha meyakinkan setiap orang akan peran pentingnya dalam upaya mencapai visi dan tujuan, serta dalam menghadapi berbagai tantangan. Mereka mengilhami kepada setiap orang untuk menjadi enterpreneur yang bersemangat dan menemukan cara-cara yang inovatif untuk memperoleh kesuksesan.

2. Memerangi ketakutan akan perubahan
Para pemimpin inovatif senantiasa mengobarkan semangat pentingnya perubahan. Mereka berusaha menggantikan kepuasan atas kemapanan yang ada dengan kehausan akan ambisi. Mereka akan berkata, ” Saat ini kita memang sedang melakukan hal yang baik, tetapi kita tidak boleh berhenti dan berpuas diri dengan kemenangan yang ada, kita harus melakukan hal-hal yang lebih baik lagi”. Mereka menyampaikan pula bahwa saat ini kita sedang melakukan suatu spekulasi baru yang penuh resiko, dan jika kita tidak bergerak maka akan jauh lebih berbahaya. Mereka memberikan gambaran menarik tentang segala sesuatu yang hendak diraih pada masa mendatang. Oleh karena itu, satu-satunya cara menuju ke arah sana yaitu dengan berusaha memeluk perubahan.

3. Berfikir Seperti Pemodal yang Berani Mengambil Resiko
Seorang pemodal yang berani mengambil resiko akan menggunakan pendekatan portofolio, berusaha mencari keseimbangan antara kegagalan dengan kesuksesan. Mereka senang mempertimbangkan berbagai usulan atau gagasan tetapi tetap merasa nyaman dengan berbagai pemikiran yang menggambarkan tentang kegagalan-kegagalan yang mungkin akan diterima.

4. Memiliki Suatu Rencana Usulan yang Dinamis
Anda harus memfokus pada rencana usulan yang benar-benar hebat, setiap rencana mudah dilaksanakan, sumber tersedia dengan baik, responsif dan terbuka untuk semuanya. Berikan penghargaan dan respons yang wajar kepada karyawan serta para senior harus memliki komitmen agar karyawan tetap dapat menjaga kesegarannya dalam melaksanakan setiap pekerjaan.

5. Mematahkan Aturan
Untuk mencapai inovasi yang radikal, Anda harus memiliki keberanian manantang berbagai asumsi aturan yang ada di sekitar lingkungan. Bisnis bukan seperti permainan olah raga yang selalu terikat dengan aturan dan keputusan wasit, tetapi bisnis tak ubahnya seperti seni, yang di dalamnya memiliki banyak kesempatan untuk berfikir secara lateral, sehingga mampu menciptakan cara-cara baru tentang aneka benda dan jasa yang diinginkan para pelanggan.

6. Beri Setiap Orang Dua Pekerjaan
Berikan setiap orang dua pekerjaan pokok. Mintalah kepada mereka untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari mereka secara efektif dan pada saat yang bersamaan kepada mereka diminta pula untuk menemukan cara-cara baru dalam melaksanakan pekerjaannya. Doronglah mereka untuk bertanya pada diri sendiri tentang apa sebenarnya tujuan esensial dari peran saya? Hasil dan nilai riil apa yang bisa saya berikan kepada klien saya, baik internal maupun eksternal? Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan dan mencapai nilai atau tujuan tersebut? Dan jawabannya selalu mengatakan “YA”. Tetapi, kebanyakan orang tidak pernah atau jarang menanyakan hal-hal seperti itu.

7. Kolaborasi
Beberapa eksekutif perusahaan memandang kolaborasi sebagai kunci sukses dalam inovasi. Mereka menyadari bahwa tidak semua dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pada sumber-sumber internal. Oleh karena itu, mereka melihat dunia luar dan mengajak organisasi lain sebagai mitra, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan keterampilan dalam team.

8. Menerima kegagalan
Pemimpin inovatif mendorong terbentuknya budaya eksperimen. Setiap orang harus dibelajarkan bahwa setiap kegagalan merupakan langkah awal dari perjalanan jauh menunju kesuksesan. Untuk menjadi orang benar-benar cerdas dan tangkas, setiap orang harus diberi kebebasan berinovasi, bereksperimen dan memperoleh kesuksesan dalam melakukan pekerjaannya, termasuk didalamnya mereka juga harus diberi kebebasan akan kemungkinan terjadinya kegagalan.

9. Membangun prototipe
Anda harus berani mencobakan suatu ide baru yang biaya dan resikonya relatif rendah ke dalam pasar (dunia nyata), kemudian lihat apa reaksi dari pelanggan dan orang-orang. Di sana sesungguhnya Anda akan lebih banyak belajar tentang dunia nyata, dibandingkan jika Anda hanya melakukan uji coba dalam laboratorium atau terfokus pada sekelompok orang saja.

10. Bersemangat
Anda harus fokus terhadap segala sesuatu yang ingin dirubah. Siap dan senantiasa bergairah dan bersemangat dalam menghadapi dan menanggulangi berbagai tantangan. Energi dan semangat yang Anda miliki akan menular dan mengilhami setiap orang. Tak ada gunanya jika Anda mengisi bus dengan penumpang yang selalu merasa asyik dengan dirinya sendiri. Anda membutuhkan dan menghendaki orang-orang dan para pendukung Anda dengan semangat yang berkobar-kobar. Anda mengharapkan setiap orang dapat meyakini bahwa upaya mencapai tujuan merupakan sesuatu yang amat penting dan bermanfaat.

Jika Anda menghendaki setiap orang dapat terinpirasi untuk menjadi inovatif, merubah cara-cara yang biasa mereka lakukan, dan untuk mencapai hasil yang luar biasa, maka Anda mutlak harus memiliki semangat yang menyala-nyala tentang apa yang Anda yakini dan Anda harus dapat mengkomunikasikannya setiap saat ketika Anda berbicara dengan orang.

*)) terjemahan bebas dari tulisan Paul Sloane, pengarang The Innovative Leader, yang berjudul “Ten Ways to Boost Innovation” dipublikasikan oleh Kogan Page. 

Oleh karena itu kali ini Universitas Indonesia mengadakan COMPFEST 2011 merupakan sebuah event yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Indonesia. Dalam event tersebut akan ada berbagai kompetisi, seminar, workshop, entertainment, dan exhibtion. 

Acara ini merupakan salah satu penghargaan untuk karya-karya kreatif anak bangsa yang bertujuan  merangsang semangat anak bangsa untuk terus berinovasi sehingga diakui internasional. Jangan ragu untuk berpartisipasi dalam acara ini jika ingin karya anak bangsa diakui oleh bangsa-bangsa lainnya. 

Bagi para readers yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan ini dapat mengunjungi website ini www.compfest2011.com 

1 comment:

  1. Selamat ya, telah menjadi 25 finalis Compfest 2011

    ReplyDelete

Copyright © Sebuah Perjalanan