Behind the Scenes Documentary

Well this time gue menulis tentang dokumentasi yang gue lakukan di masa Putih abu gue di SMAN 1 Cibinong.

Well, angkatan gue berhasil membuat film dokumenter yang bisa di bilang bagus untuk pemula. 

Kegiatan ini di cetuskan oleh Iqmal Hidayansyah yang pernah menduduki posisi sebagai ketua OSIS.
Yupz awalnya gue n' sobat yang lain bertujuan membuat film dokumenter dengan di selingi sebuah film pendek. Awalnya hanya di pilih beberapa anggota sebagai panitianya agar dapat mewakili tiap jurusan yang ada di sekolah gue, here's the they're :

Perwakilan IPA
  • Iqmal Hidayansyah ( Iqmal - A4 )
  • Hanifah Fasiyani Sidiq ( Bunde - IPA 4 )
  • Ray Mochammad Rafsanjani ( Ray - IPA 3 )
  • Zulchadri Damli ( Ozan - IPA 3 )
  • Ihwal Periyasa ( Iwal - IPA 2 ) 

Perwakilan IPS
  • Raden Mas Nur Iman Fakhri Lazuardi ( Nyink2 - IPS 2 )
  • Brilyan Maryli Akbar ( Aan - IPS 3 )
  • Pandriya D.M. ( Pool - IPS 1 ) <== Gue

Perwakilan Bahasa :
  • Faradhita Ajeng Erstiani (Dita - BAHASA)

Well, awalnya kegiatan ini berjalan sejak sebelum UTS dengan di tentukannya ide cerita yang bertema drama. Yupz tanpa disangka UTS pun tiba dan kegiatan pun vakum selama beberapa bulan lamanya dan kegiatan ini pun terbengkalai. 

Sekitar bulan Maret kegiatan pun kembali berjalan dengan pengambilan gambar untuk pembuatan intro yang pada saat itu gue ga di ajak so gue ga tw gimana cerita detailnya so gue lanjut ke beberapa hari kemudian di saat gue meminta pengrekrutan murid yang lain untuk menjadi pemeran dalam film sehingga di ambillah beberapa orang yg melalui voting para panitia and here's their name :
  • Yolanda Selviyana ( Nda - S2 )
  • Iman Zulfi Zayadi ( Zhet2 - A3 ) 
  • Rendi Adi Saputra ( Gevenk - S2 )
Well, film pun di lanjutkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Beberapa hari kemudian panitia kembali berkumpul untuk membahas bagian yang akan di ambil dalam pembuatan dokumenter.

Yupz, gue ikut hadir dalam pertemuan kali ini dan pembahasan pun di mulai.

Duskusi pun berjalan sementara gue yang saat itu sedang dalam keadaan bad mood bisa di bilang mengambil tindakan yang salah, dengan mengeluarkan unek-unek yang ada di kepala gue.

Cuz saat itu bagian film pendek baru sedikit yang selesai apa lagi waktu pengambilan gambar yang terkadang masih kabur n' alhasil para panitia yang lain pun tampak kecewa dengan sikap gue yang otoriter itu sehingga gue pun terpilih menjadi ketua dokumenter melengserkan kedudukan Iqmal n' gue pun teringat akan kejadian yang menimpa gue saat duduk di bangku kelas X so gue pun berusaha menjadi leader yang lebih baik lagi agar tidak mengecewakan panitia dengan keputusan yang mereka ambil.

Sekitar pukul 17.00 WIB gue tiba di rumah n' gue pun segera mencari artikel tentang dokumenter khususnya pembagian kerja di balik layar.

Well, Keesokan harinya panitia pun berkumpul kembali n' Hanifah pun menunjukkan contoh-contoh film dokumenter yang sudah ia kumpulkan sementara yang lain hanya melihat video tersebut. Melihat kondisi tersebut gue pun memutuskan agar masing-masing panitia mempersiapkan film acuan dalam pembuatan dokumenter ini minimal 1.

Beberapa hari setelah itu para panitia pun mendapat sindiran dari IPA 1 karena mereka dianggap tidak ada karena mereka tidak di undang dalam pembentukan panitia n' gue mendapatkan kabar itu dengan perasaan yang membuat gue menjadi curious cuz gue sudah mendengarnya lebih dahulu.

Padahal gue yang berusaha aktif sebelum kejadian itu juga sudah pernah mencoba mengajaknya melalui orang kepercayaan gue tapi alhasil sepertinya tidak terjalin hubungan yang baik antar anggota di kelasnya atau mungkin orang yang gue pilih salah anyway  sebenarnya Hanifah pernah mengusulkan untuk mengambil perwakilan dari IPA 1 akan tetapi ******* ( Gue sensor agar tidak ada kesalahpahaman lagi ) mengusulkan meng-ignore berhubung mereka sering sibuk n' gue yang pada saat itu baru datang akhirnya menyetujui saja.

Gue pun akhirnya turun tangan untuk menangani urusan tersebut n' alhasil yang gue rasakan IPA 1 seolah kembali meng-ignored kegiatan ini dengan tidak mengirimkan perwakilannya.

Well, waktu pun berlalu n' semua'a pun berkumpul dengan masing-masing video dan keputusan pun belum terselesaikan karena panitia yang berkumpul pada saat itu kurang dari 50%

Gue yang berpikiran untuk mengatasi masalah panitia yang sulit berkumpul akhirnya memutuskan membuat banner untuk merekrut lebih banyak orang n' here's they're :
  • Dian Rahma Pratiwi 
  • Galuh Chandra Nayo 
  • Imaniar Pratiwi
  • Inka Novri Yahza
  • Lusi Kinasih Pangestoe
  • Raden Adityatama Adriyadi
  • Ryan Hidayatullah
  • Yulasrini Kurniawan

Well, berhubung lagi-lagi IPA 1 tidak mengirimkan utusannya maka gue memutuskan menarik paksa n' here they're :
  • Carina Audrey
  • Laurentius Toni Mahendra Salaparang
  • Tubagus Axel Lutfiady

Well, gue pun kembali meminta agar para panitia kembali mengumpulkan video untuk referensi pembuatan film dokumenter n' alhasil keputusan pun di ambil.

Pengambilan gambar pun di mulai dengan membuat isi dokumenter baru di lanjutkan membuat intro yang alhasil membuang video yang lama n' menggantinya dengan yang baru. Ternyata kegiatan ini di tolak oleh beberapa pihak guru yang terpaksa harus membuat di bawah bayang-bayang nama OSIS yang alhasil tidak pernah membantu kegiatan ini.

Di tengah pengambilan gambar ternyata ada yang memberikan ide untuk membuat video seperti yang ada di iklan Mizone atau yang isa di sebut Flashmob. Well, untuk melaksanakan kegiatan tersebut akhirnya para panitia pun akhirnya merekrut lebih baik orang untuk memeriahkan kegiatan ini n' akhirnya Pom2 Boy yang menjadi bintang sekolah kami saat UD pun kembali turun.

Latihan yang sudah dilakukan selama beberapa hari itu pun akhirnya membuat para peserta untuk siap tampil.
yupz, penampilan ini kami ambil pada hari Sabtu di saat ramai n' meskipun ternyata awalnya tidak seperti yang kami harapkan akhirnya kami lanjutkan sampai akhir.

Yupz di sela-sela pembuatan dokumenter akhirnya kami memutuskan membuat acara jalan-jalan bersama 1 angkatan ke Bukit Pelangi yang akan di laksanakan pada hari Minggu.

Rencana yang di rencanakan pada pukul 09.00 WIB lagi-lagi mengalami ngaret n' alhasil baru berangkat saat siang hari n' berhubung rencana perjalan yang gue serahkan ke Ryan Hidayatullah ternyata tidak di jalankan sehingga acara hari itu hanya mendapatkan lelah tanpa ada keceriaan yang di dapat, but here's the they who come with us :
  • Trian Kurnia Hikmandika
  • Agda Agiesa
  • Sinta Cahya Lestari
  • Marcel Giovano
  • Yustinus Riyan Adiputra
  • Shintia Putri
  • Adi Panca Atmadja
  • Muhammad Asyril Somosir
  • Rizki Awal Febrianto
  • Ruth Theresia
  • Azka Andhika Cherialdi
  • Septo Yudha Priyantono
  • M. Asmirandy Junisthira
  • Adi Panca Atmadja
  • Muhammad Rangga Wardhana
  • Dhitsaha Samasha Bhuana
  • Septian Dwi Sulistyo
  • Nurrichsan Presetyo U

Kegiatan pengambilan gambar pun di lanjutkan n' gue yang saat itu di tarik paksa untuk mengambil gambar akhirnya harus belajar dalam waktu 5 menit n' alhasil gue yang dalam keadaan yang tidak siap akhirnya menjadi kacau tapi untungnya pengambilan gambar di lakukan secara bergilir so gue tidak terlalu memikirkannya.

Pengambilan untuk isi dokumenter pun akhirnya usai dan yang tersisa hanyalah intro n' ending.
Well, kegiatan ini pun akhirnya mendapatkan sukarelawan n' who is he ? here's his name :
  • Reza Setiadi

Berlari jatuh n' berlari lagi menjadi hal yang di lakukan Reza pada saat pembuatan intro n' ending

Well, semua data pun akhirnya terkumpul n' it's time to make this video to be 1 n' we got one big problem n' that's waktu yang di berikan oleh pihak guru untuk film dokumenter hanya 10 menit.

Gue pun sontak tidak menerima hal tersebut but gue yang berusaha agar emosi gue tidak muncul kembali akhirnya menerima dengan pasrah n' kembali ke main project.

Yupz, kembali mendapat trouble berhubung tempat para editor yang jauh sehingga gue, Ihwal n' Hanifah. Hal ini belum selesai gue pun mendapat trouble karena para guru mau melihat hasilnya dulu so akhirnya gue pun kebingungan n' akhirnya Galuh menjadi sukarelawan untuk menjadi tempat editing.
Berikut adalah beberapa pertimbangan yang di perhitungkan :
  • Di rumah Hanifah : Selama beberapa hari terakhir dalam pembuatan dokumenter keadaannya tidak sehat hal tersebut dapat gue lihat dari wajahnya yang pucat n' tampak kehilangan spirit.
  • Di rumah Ihwal : Well, awalnya akan di kerjakan di sini tapi berhubung laptop mengalami trouble karena tidak dapat membuka aplikasi yang akan di gunakan
  • Di rumah Galuh : Setelah sekitar 2 jam gue bersama Ihwal bingung akhirnya menghubungi Galuh n' ia tidak keberatan serta tidak lama berselang Iqmal pun datang n' akhirnya keputusan pun di ambil.

Sesampainya di rumah Galuh gue dan Ihwal mencoba menginstal software yang akan di gunakan akan tetapi selalu ada trouble so akhirnya Galuh mengusulkan untuk membeli CD software n' akhirnya Ihwal menemaninya pada saat cuaca yang tidak mendukung.

Sore pun tiba n' Nyink2 yang pulang dari les akhirnya tiba di rumah Galuh n' tanpa terasa malam pun tiba n' akhirnya gue n' Nyink2 go to home berhubung gue yang saat itu tidak meminta izin sampai malam.

Gue pun tiba di rumah n' tidak lupa gue mencuci motor gue yang dalam keadaan kotor.
Beberapa menit kemudian gue menginstal software dari Galuh di komputer gue yang baru saja gue selamatkan dari bahaya virus yang menyerang gara-gara game online yang tidak jelas.

Gue pun langsung makan malam n' tidak lupa meminum obat doping gue ( Panadol Merah ) untuk memaksakan kinerja otak gue pada maksimum.
Well, cara gue yang satu ini jangan di tiru karena jika berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan pada otak anda yang menyebabkan ketidaksingkronan antara otak kiri n' kanan yang baru-baru ini gue rasakan karena gue yang sering menggunakan cara ini.

Yupz, akhirnya gue bisa menguasai software tersebut dalam 1 malam walau masih basic sesuai dengan pengorbanan gue. Tapi ada problem yang gue alami untuk ke esok hari yaitu saat gue mensave ternyata saat tidak dapat di buka lagi sehingga mengharuskan gue untuk membuat dari awal lagi meskipun begitu gue bersyukur karena gue sudah mensave dalam format FLV.

Well, kini saatnya kru dokumenter menunjukkan hasil kerja keras kami yang harus menunggu penyeleksian para pengisi acara yang membuat gue, Nyink2, Galuh, Iqmal dan Ihwal harus menunggu sampai sore n' akhirnya Galuh n' anggota yang seharusnya mengikuti les terpaksa meninggalkannya.

Tidak satupun dari video hasil buatan gue maupun Ihwal luput dari sebuah kritik akhirnya kerja keras kami harus di edit ulang atau untuk gue di re-make. Alhasil kru kembali ke rumah Galuh untuk menyelesaikannya akan tetapi gue yang saat itu berinisiatif membuat ulang akhirnya lagi-lagi harus kembali pulang terlebih dahulu berhubung hasil video gue lebih sedikit mendapat komen dari pada guru.

Keadaan sekitar gue yang malam itu dalam keadaan yang  tidak mendukung akhirnya membuat gue memilih tidur tapi gue tidak lupa menset alarm pada tengah malam akan tetapi gue sepertinya terbawa oleh mimpi indah gue saat itu n' baru terbangun jam 3 pagi yang akhirnya membuat gue memilih tidak mengerjakannya karena waktu yang di butuhkan untuk me-remake akan memakan waktu sekitar 4 jam karena banyaknya teks yang harus gue ketik so akhirnya gue memilih menggunakan hasil kerja kru lainnya daripada menggunakan hasil gue yang belum gue re-make.

Gue skip bagian gladi bersih n' pemutaran karena akan membangkitkan emosi gue yang sudah terkubur.

Alhasil gue yang saat pemutaran mempunyai ide untuk membuat video perkelas baru menyelesaikan kelas IPA 1 n' IPS 2 karena selama ini gue hanya bisa mengerjakannya saat tengah malam sampai subuh.

Well, mungkin ini hanya sebuah kisah dari gue selaku ketua dokumenter yang mungkin akan berbeda dengan cerita panitia lainnya tapi yang pasti sebelum akhir bulan ini gue coba menyelesaikan semua videonya.

Sebagai penutup inilah video-video yang sudah terbuat alias sudah jadi selama ini n' thanks a lot untuk sobat yang sudah mendukung kegiatan ini selama ini.




Latihan Video Ihwal



Zhet2 the Explorer 'Bangun Tidur'  ( versi kru dokumenter )



Zhet2 the Explorer ( versi kru dokumenter )



Hasil dokumenter ( versi kru dokumenter )



Ujian nasional ( versi Ihwal )



Inilah hasil dari jerih payah gue ( blon di edit lagi )

No comments:

Post a Comment

Copyright © Sebuah Perjalanan